Pilihan Tengah Dalam Skala Psikologi


Keputusan untuk meniadakan pilihan tengah dalam format respon skala psikologi, didasari kekhawatiran sebagian peneliti yang berpendapat bahwa pilihan tengah akan membuka peluang munculnya kecenderungan umum sebagian besar subjek untuk memilih pilihan tengah tersebut sehingga data menjadi kurang informatif. Menurut Azwar (1999),  kekhawatiran tersebut kurang beralasan karena 1) variasi respon akan muncul jika aitem memiliki daya diskriminasi yang baik, 2) subjek yang tidak dapat menentukan pendapat terhadap aitem tertentu akan memberikan respon yang tidak sesuai dengan keadaan dirinya, sehingga validitas respon menjadi rendah, 3) belum ada bukti empiris yang mendukung kekhawatiran tersebut. Azwar (1999) juga menambahkan, pilihan tengah harus diwujudkan sebagai ”N” (Netral) atau ”Tidak Menentukan Pendapat”, karena yang diinginkan dari responden adalah respon yang diyakini sehingga tidak direkomendasikan membuat pilihan tengah sebagai ”Ragu-ragu”.

 

Pilihan jawaban netral disediakan karena menurut Nunnaly (1978), orang akan merasa nyaman bila ada pilihan tengah untuk membuat suatu “”ancar-ancar”, sehingga responden akan lebih leluasa menetapkan jawaban dalam rentang (kontinum) pilihan jawaban.

 

Pilihan jawaban netral tergantung kepada, (1) tipe pernyataan/pertanyaan, tipe respon, dan tujuan penyusun skala (DeVellis, 1991)

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Azwar, Saifuddin. 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

DeVellis, Robert F. 1991. Scale Development: Theory and Applications. Newbury Park: Sage Publication

 

Nunnally, Jum C. 1978. Psychometric Theory. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s