Terapi Cermin Untuk Atasi Phantom Pain


 

 

 

 

 

 

 

 

Para serdadu yang terpaksa merelakan kaki atau lengannya yang terluka diamputasi seringkali dihantui semacam penyakit yang disebut Phantom Pain. Phantom Pain merupakan rasa sakit yang dirasa pada anggota tubuh yang sudah tidak ada. Gejala ini timbul akibat dari stimulasi dendrit yang berat dibandingkan dengan stimulasi reseptor biasanya. Oleh karena itu, orang tersebut akan merasa nyeri pada area yang telah diangkat.

Kini, suatu teknik yang disebut terapi cermin dianggap dapat membantu mengurangi rasa sakit yang menghantui orang yang bagian anggota tubuhnya diamputasi tersebut. Adalah Dr. Steven R . Hanling, dari Naval Medical Center di San Diego dan koleganya yang menemukan terap ini. Dari hasil ujicoba, terapi cermin secara signifikan dapat mengurangi phantom pain pada empat prajurit yang menderita cedera kaki parah yang mengarah ke amputasi.

“Dalam terapi ini, pasien duduk dengan cermin vertikal antara kaki dan tangan sehingga mereka tercermin di dalamnya. Pantulan di cermin membuatnya tampak seperti cedera lengan atau kaki yang sehat dan normal,” jelas editor jurnal in-chief Dr Steven L. Shafer dari Columbia University di New York City.

Pasien kemudian mengamati dan mengontrol lengan atau kaki terluka dalam cermin. Kemudian, otak dan sumsum tulang belakang secara visual tertipu untuk percaya bahwa semua tangan dan kakinya masih utuh dan tanpa rasa sakit. Dengan jalan inilah kenangan akan rasa sakit pada bagian yang diamputasi itu dapat dihilangkan.

Menurut Hanling, jalur rasa sakit pada sumsum tulang belakang dan otak ‘mengingatkan’ pada cedera yang menyakitkan. Karena memori ini, lengan atau kaki yang hilang berlanjut pada rasa nyeri , terkadang tetap terasa begitu meski sudah lama anggota tubuhnya diamputasi. Dengan program ini dimungkinkan para prajurit tadi dapat berpartisipasi penuh dalam program terapi fisik pascaoperasi. Studi ini muncul dalam jurnal Anesthesia & Analgesia edisi Februari.

 

Dikutip dari: http://www.majalah-farmacia.com/rubrik/one_news.asp?IDNews=1607

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s