Memahami


Kita semua tahu yah bahwa dalam hidup ini pasti akan banyak sekali perselisihan terjadi, terlebih lagi dalam hubungan kisah cinta.

 

Saya pribadi kerap merasakannya, bahkan hanya dari hal kecil masalah bisa datang. Sebenarnya tidak mungkin kita menghindarinya 100% namun ada hal yang harus kita ingat bahwa masalah adalah jalan untuk kita bisa menjadi lebih baik.

 

Dari masalah tersebut kita akan belajar sangat banyak sekali. Belajar untuk menhadapi masalah, belajar untuk mengerti sesama, dll. Namun intinya adalah jika kita bisa mengambil hikmah positif dari setiap masalah.

 

Saya ada satu kisah yang mungkin bisa menjadi bahan inspirasi untuk kita semua… Anggap saja pemain disini bernama si wanita dan si lelaki agar privasi mereka terjaga.

 

Suatu hari ada seorang kekasih sedang melakukan pembicaraan lewat media internet berupa chating, pada awalnya semua berjalan baik-baik saja. Saat itu si lelaki sempat menyeletuk ingin mengatakan hal pribadinya, namun tiba-tiba si wanita dengan sigap memberi peringatan agar jangan diteruskan pembahasannya karena tidak enak jikalau dibaca oleh adiknya, kebetulan saat itu adiknya sedang berada di sisinya.

 

Si lelaki pun mengerti akan hal itu, karena dia takut akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan jika pembicaraan terus berlanjut.

 

Nah pembicaraanpun kembali berlanjut dengan normal dan si adik meninggalkan ruangan. Entah karena kesibukan atau hal yang lainnya si wanita meninggalkan komputer dan aktivitas chating nya dengan si lelaki.

 

Tidak beberapa lama kemudian di wanita kembali pada mejanya dan ingin mengetikkan sesuatu yang dia pikir bisa membuat kekasihnya senang dan mungkin semakin sayang. Si wanita mengirimkan kata singkat yang penuh arti dengan kalimat I LOVE U.

 

Di tunggunya jawaban dari si lelaki, dia sangat berharap akan mendapat respon tanggapan yang baik. namun begitu kagetnya ketika si wanita mendapati jawaban tidak sepert yang dia inginkan…

 

Taukah anda apa yang dikatakan oleh si lelaki? si lelaki menjawab dengan nada kaget.. SIAPA NIH??

 

Wah mendengar jawaban seperti itu spontan si wanita menjawab pula dengan dengan nada bermaksud sedikit bercanda agar suasana tidak kaku. Si wanita bilang ” Ga sopan banget sih, masak aku bilang I Love U malah di tanggapin seperti itu “.

 

Mendengar kata-kata seperti itu si lelaki tersinggung, entah karena sebab apa.. apakah karena si lelaki ada kurang suka dengan kata tdak sopan atau apalah. Yang pada intinya dia merasa tidak dihargai dan dilecehkan harga dirinya karena di katakan tidak sopan.

 

Singkat cerita dari situlah awal mula pertengkaran antara si wanita & si lelaki. Si wanita bersikukuh merasa tidak bersalah karena maksudnya hanya bercanda. Namun si lelaki juga besikukuh menyalahkan si wanita karena tidak suka dengan kata-kata tidak sopan tersebut.

 

Yang sebenarnya hal tersebut adalah salah paham belaka. Si lelaki berkata ” siapa ini” karena takut kalau2 yang mengirim “I LOVE U” tersebut bukan si wanita melainkan adik dari wanita tersebut karena komputer sudah dalam keadaan lama di tinggal oleh si wanita dan juga untuk menjaga privasi.

 

Karena tahu sendiri kan di awal pembicaraan si wanita sudah wanti2 agar tidak membahas hal yang berbau privasi. Nah wajar kan si lelaki berkata seperti itu.

 

Namun di sisi lain si wanita juga merasa tidak bermaksud melecehkan dengan berkata “Ga sopan banget sih, masak aku bilang I Love U malah di tanggapin seperti itu”. melainkan hanya ingin bercanda agar suasana lebih cair dan tidak kaku.

 

Dari situasi tersebut bisa di ketahui kan bahwa komunikasi dan saling pengertian itu penting sekali. Sebenarnya pertengkaran atau perselisihan tidak harus timbul dari masalah seperti itu asal keduannya mau membicarakannya baik-baik dan saling pengertian, hanya itu kuncinya.

 

Dan hingga saat ini saya belum tahu apakah permasalahan mereka sudah selesai atau belum. Semoga saja semua dapat di selesaikan dengan baik. Jangan sampai hanya karena perselisihan seperti itu hubungan mereka menjadi retak.

 

Begitulah sebuah cerita yang bisa saya sajikan kali ini, semoga kita bisa mengambil hikmah baiknya dari kejadian itu.

 

Bagaimana dengan anda? apakah anda mempunyai pendapat yang berbeda tentang kejadian tersebut??

 

 

 

http://caramenulisyangbaik.blogspot.com/2009/07/pentingnya-rasa-saling-pengertian.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s